Selasa, 11 Maret 2014

[Review] Bohemian Rhapsody - Queen



Well, sebelumnya gue mau cerita tentang awal mulanya gue tau lagu ini.

Jadi semua ini berasal dari.......... Bapak gue.
Iya, bapak gue salah satu penggemar Queen. Bisa dibilang #QueenGarisKeras.

Pada suatu  malam, doi nyanyi. Awalnya gue ga peduli beliau nyanyi apaan. Gue kira itu lagu tentang Mama, atau Ibu atau hal-hal yang berhubungan dengan kasih sayang antara Ibu dan anak. Soalnya doi nyanyi dipart 
"Mama.... just killed a man."
"Mama... life is just begun."
"Mama.... uuuu."

Gue awalnya ngga kepo sama lagu itu sampai pada suatu hari gue dengerin lagu itu secara keseluruhan.

Sehabis gue denger Bohemian Rhapsody, gue diem. Gue speechless. Kemudian teriak,
"God, this is amazing,"

Cerdas. Satu kata buat Papap Freddie. 

Lagu ini ngga ada chorusnya dan bener-bener aneh.

Dilihat dari strukturnya, lagu ini terdiri dari Intro, Ballad, Gitar solo, Opera, Hard Rock, dan Outro. Kemudian nada dari lagu ini sendiri.... ah gausah ditanya lagi. Keren banget. Walaupun agak kaget karena perubahan nadanya bener-bener drastis, tapi bagi gue--kaum awam yang ga ngerti musik--ini keren banget.

Selanjutnya mari kita bahas tentang liriknya. Aneh? banget. Banyak yang bilang ini lagu isinya tentang konspirasi, apalah, apalah, tapi Freddie dia asal naro lirik, se-pasnya aja sama nadanya. Bahkan sampai Freddie meninggalpun ngga ada yang tau maksud dari lagu ini. Misteri lagu ini terkubur bersama jasad Freddie.

Kenapa sih harus dirahasiain? Kepo gue.

Ini sih menurut gue ya, yang bener-bener ngga terlalu paham tentang musik atau apapun, tapi gue mencoba buat sedikit 'menerjemahkan' arti di balik lagu ini. Here we go....

Is this the real life?
Is this just fantasy?
Caught in a landslide
No escape from reality
Open your eyes
Look up to the skies and see
I'm just a poor boy (Poor boy)
I need no sympathy
Because I'm easy come, easy go
Little high, little low
Any way the wind blows
Doesn't really matter to me, to me 

Pada suatu hari, ada seorang anak laki-laki yang merasa hidupnya bener-bener udah ngga punya harapan lagi. Dia bertanya, "Apakah ini yang dinamakan kehidupan? atau ini hanyalah sebuah fantasi?". Tapi se-hopeless-hopeless-nya dia, dia bilang dia ngga butuh simpati dari orang banyak

Mama just killed a man
Put a gun against his head
Pulled my trigger, now he's dead
Mama, life has just begun
But now I've gone and thrown it all away
Mama, ooh
Didn't mean to make you cry
If I'm not back again this time tomorrow
Carry on, carry on as if nothing really matters 

Mulai di part ini, gue ngerasa ada 'something', okay, kurang lebih kayak gini :

Mamaku baru saja membunuh orang. Dia membunuhnya dengan senjata apinya. Dia mencoba untuk mempertahankanku agar aku tidak pergi bersama orang-orang jahat itu--yang terlanjur menjual dirinya kepada iblis. Tapi percuma, jumlah mereka terlalu banyak. Aku dibawanya kabur. Mungkin inilah awal dari kehidupanku, tapi rasanya aku tidak terima. Mama, tolong jangan menangis. Jikalau aku tidak kembali lagi, lanjutkanlah kehidupanmu, Ma. Anggap saja semua ini tidak pernah terjadi.

Too late, my time has come
Sends shivers down my spine
Body's aching all the time
Goodbye, everybody
I've got to go
Gotta leave you all behind and face the truth
Mama, oooooooh (Anyway the wind blows)
I don't want to die
Sometimes wish I'd never been born at all 

Terlambat. Rasanya terlambat aku kabur dari jeratan ini. Aku merinding sejadinya. Tubuhku merasakan sakit yang bukan main, rasanya ingin mati saja sekalian. Iya, selamat tinggal semuanya. Aku akan meninggalkan kalian. Dan Mama, aku sebenarnya tidak ingin mati seperti ini, jikapun aku harus mati dengan cara yang seperti ini, aku berharap aku tidak pernah dilahirkan.

Jadi gini. Jadi ceritanya si penculik itu ngebawa anak laki-laki itu buat jadi sesembahan di ritual Bohemian Grove. Tentang Bohemian Grove, kalian bisa lihat artikelnya di google.

I see a little silhouetto of a man
Scaramouch, Scaramouch, will you do the Fandango
Thunderbolt and lightning, very, very frightening me
(Galileo) Galileo (Galileo) Galileo, Galileo Figaro
Magnifico-o-o-o-o
I'm just a poor boy nobody loves me
He's just a poor boy from a poor family
Spare him his life from this monstrosity 

Aku dibawa ke sebuah tempat. Sangat mencekam. Jilatan api dimana-mana. Seseorang mencengkram tanganku. Aku hanya bisa pasrah, jika memang ini adalah jalanku, aku lebih baik berpasrah diri saja. Kematianku tinggal menghitung detik. Tidak! 

Aku melihat sebuah siluet dari salah satu pria yang seperti badut. Scaramouch. Dia melakukan sebuah tarian, Fandago. Sebuah tarian dari bangsa Spanyol. Kemudian aku melihat sebuah petir menyambar dengan kerasnya. Itu sangat membi uatku takut. Tolong aku! Aku hanyalah anak malang dari keluarga yang miskin dan mungkin bisa dibilang tidak ada yang mencintaiku. Tapi aku mencintai diriku sendiri. Tolong aku!

Easy come, easy go, will you let me go?
Bismillah! No, we will not let you go
Let him go
Bismillah! We will not let you go
Let him go
Bismillah! We will not let you go
Let me go (Will not let you go)
Let me go (Will not let you go) (Never, never, never, never)
Let me go, o, o, o, o
No, no, no, no, no, no, no
(Oh mama mia, mama mia) Mama Mia, let me go
Beelzebub has the devil put aside for me, for me, for me! 

Aku merapalkan beberapa doa dan mantra. Memohon kepada Tuhan untuk melepaskan semua hal yang sudah terjadi di dalam hidupku, walaupun beelzebub telah menaruh sisi buruk di dalam diriku, tapi sesungguhnya aku masih mempunyai sisi baik.

So you think you can stone me and spit in my eye
So you think you can love me and leave me to die
Oh, baby, can't do this to me, baby
Just gotta get out, just gotta get right outta here 

Tuhan memang adil. Aku dapat keluar dari segala penderitaan ini. Aku dapat kabur. Sepersekian detik saja aku meleset, bisa-bisa aku mati. Huh, dasar. Apakah kalian pikir kalian dapat meludahiku dan menghinaku? Tidak. Apakah kalian pikir kalian dapat mencintaiku kemudian membiarkanku mati? Oh tentu saja tidak. Tidak, kalian tidak akan bisa.

Nothing really matters
Anyone can see
Nothing really matters
Nothing really matters to me

Any way the wind blows...

Tidak ada hal yang perlu dicemaskan. Lihat, kan? Tidak perlu cemas. Aku baik-baik saja.

***

Okay, mungkin cuman itu yang bisa gue interpretasiin. Maaf kalau emang ada sesuatu yang salah. Gue masih awam soalnya hehe. Tapi itu lagu menurut gue emang keren banget. Lagu sepanjang masa pokoknya. Gue makin suka sama Queen. Ternyata selera bapak gue tinggi yak. Wakakakak.

Oh iya gue mau ngasih video Bohemian Rhapsody nih :

Queen - Bohemian Rhapsody



Bohemian Rhapsody - Greg Wyard. Coveran paling cakep!






Tidak ada komentar:

Posting Komentar